fbpx
Infaq Quran

Kenapa Harus Infaq Quran??

Rasululllah saw bersabda yang artinya:

Jika manusia mati, terputuslah amalnya kecuali tiga: sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan, atau anak salih yang mendoakannya. (HR Muslim, Abu Dawud, al-Tirmidzi, an-Nasa’i dan Ahmad).

Lafazh shadaqah jâriyah dalam hadits ini sifatnya umum mencakup segala sedekah yang manfaatnya terus berjalan seperti wakaf, wasiat, sedekah, dan lain-lain. Menurut Taqiyuddin Abu Bakar al-Husaini, para ulama membawa pengertian shadaqah jariyah di sini untuk wakaf.[1]

Di samping itu, juga ada beberapa dalil yang secara khusus berkenaan dengan wakaf. Di antaranya adalah hadits dari Ibnu Umar ra yang berkata, yang artinya:

Umar bin al-Khaththab ra pernah mendapatkan (harta rampasan perang berupa) tanah di negeri Khaibar. Kemudian dia datang kepada Rasulullah saw untuk meminta pendapat beliau tentang harta tersebut. Umar ra bertanya: “Wahai Rasulullah sesungguhnya aku mendapatkan harta rampasan perang yang belum pernah aku dapatkan yang lebih berharga daripada tanah di negeri Khaibar ini. Apa yang engkau perintahkan kepadaku dalam perkara ini?” Nabi saw bersabda: “Kalau engkau mau, engkau wakafkan tanah itu, dan engkau sedekahkan (manfaat, kegunaan) tanah itu” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits lain, Rasulullah saw juga bersabda, yang artinya;Sesungguhnya di antara perbuatan dan kebaikan-kebaikan yang akan mengikuti seorang Mukmin setelah kematiannya adalah ilmu yang diajarkannya, anak shaleh yang ditinggalkannya, mushhaf yang diwariskannya, masjid yang didirikannya, rumah yang didirikannya untuk ibnu sabil, sungai yang dialirkannya, atau sedekah yang dikeluarkan dari hartanya sewaktu sehatnya dan hidupnya; semuanya akan mengikutinya setelah kematiannya (HR Ibnu Majah).

Demikian juga yang dilakukan Utsman bin ‘Affan ra. Ketika Nabi saw datang di kota Madinah dan tidak menjumpai sumber air yang enak rasanya selain air sumur ‘Raumah’. Utsman bin ‘Affan ra berkata, Rasulullah saw bersabda, yang artinya:

Barangsiapa yang mau membeli sumur Raumah kemudian dia menjadikan embernya bersama ember kaum muslimin, maka dia akan mendapat balasan lebih baik dari sumur itu di surga. Utsman berkata, “Aku pun membelinya dari harta pribadiku” (HR al-Nasai dan al-Tirmidzi).

Demikianlah dalil tentang wakaf sebagai sunnah nabi Muhammad SAW. Dan tidak perlu menunggu kaya untuk berwakaf, sebab dengan nilai Rp. 100.000 anda sudah bisa berwakaf Quran. Sebagai bekal amal kelak di akhirat.

Semoga Allah membalas semua shadaqah jâriyah yang Anda berikan dengan balasan yang terbaik. Aamiin yaa Rabbal’Alamiin.

Untuk berkontribusi dalam infaq Al Quran :

Klik tombol orange “Bismillah Donasi”
Isi form dan nominal donasi Anda
Pilih metode pembayaran (transfer ke bank…)
Dapatkan laporan via WA dan email
Donasi yang Anda berikan semoga menjadi amal jariyah dan bisa mendapatka syafaat Al Quran diakhirat kelak. Amiin Ya Rabbal’alamiin.

  • 8 Sep 2021
    Expedisi 1000 Quran Pelosok Bogor barat

    AZ NAHWA NUR – Cibinong | 29, Desember 2020 |

    Salah satu hal yang menjadi konsen LAZ Nahwa Nur adalah dawah Qur’an, dimasa pandemi ini interaksi muslim terhadap Al Qura’an perlu terus dipupuk dan ditingkatkan. Banyak wilayah dikabupaten Bogor baik itu masjid, mushola, majelis taklim maupun pesantren yang sudah tidak memiliki Al Qur’an yang baik. Laz Nahwa Nur sebagai Lembaga Amil Zakat Tingkat Kabupaten Bogor  mempunyai program Tebar 10.000 Qur’an di Kabupaten Bogor. Dengan menggandeng Yayasan Salam Sejahtera, SBN Fondation dan beberapa komunitas mengadakan Expedisi Tebar Quran di wilayah Bogor Barat.

    Ketika banyak orang yang lain sibuk memikirkan liburan akhir tahun, tidak dengan sekitar 45 relawan Expedisi Quran. Team relawan yang tergabung dalam Ekspedisi tebar 1000 Qur’an mendistribusikan Qur’an tanggal 25 hingga 27 Desember 2020

    Pendistribusian disalurkan ke wilayah pasca bencana kabupaten Bogor yaitu kecamatan Sukajaya. Setelah sebelumnya pernah juga mendistribusikan ke wilayah Sukabumi dan Pacitan.

    Ekspedisi Qur’an kali ini diinisiasi oleh Lembaga Amil Zakat Nahwa Nur (LAZ NN) dan juga Sahabat Bangun Negeri (SBN) Foundation dan relawan gabungan dari AVI Ikasmabangsa dan Komunitas Bani Kosim Peduli (BKP) dan juga yayasan Salam Sejahtera. Dengan melibatkan tak kurang dari 45 relawan.

    Aris Suryono, salah satu perwakilan dari LAZ Nahwa Nur yang juga ikut turun untuk mendistribusikan Qur’an mengatakan

    “3 hari kita akan mendistribusikan Qur’an dengan mengendarai sepeda motor bahkan tak sedikit harus jalan kaki dikarenakan medan yg tidak memungkinkan untuk dilalui motor”. Jalan berbatu licin dan berlumpur kita akan lalui demi tersampaikannya Qur’an di lokasi pasca bencana, imbuhnya.

    Salah satu yang kami temui adalah Pondok Pesantren Sharful Anam yang berada di Desa Cileuksa Kecamatan Sukajaya dengan jumlah santri mencapai 30 santri laki-laki dan 20 santri perempuan yang sangat membutuhkan Al-Qur’an. Dikarenakan Al-Qur’an yang mereka miliki itu sudah mulai rusak. Ungkap mang Ikin relawan.

    Beliau menambahkan,Kenapa kita support Alquran kesini… ya karena pesantren ini gratis, bahkan sampai makan pun gratis, jadi sangat perlu kita support, teman-teman pasti akan sangat sedih jika melihat realita yang terjadi disana, kobong-kobong di dalam sana sangat sangat memprihatinkan dengan bangunan yang sederhana dengan fasilitas yang minim, makanya kami dan relawan Semua bersilaturahim untuk mensupport apa yang bisa kami bantu. Tambahnya

    Perjalanan 3 hari membagikan Alquran ke pelosok Bogor Barat menjadi kenangan tersendiri bag relawan, banyak cerita dan hikamah yang bisa mereka ambil. Medan perjalanan yang cukup sulit dilalui, mereka lalui dengan suka cita. Cape dan lelah mereka sirna manakala melihat para santri dan anak anak penerima Quran tersenyum bahagia mendapatkan Quran baru.

    Bang Anton selaku komandan lapangan yang juga perwakilan dari AVI menyampaikan, Alhamdulillah 1000 Qur’an telah terdistribusi, melibatkan 45 relawan, untuk 61 Titik Musholla, Pesantren, Majlis Taklim dan Pesantren yang tersebar di 30 lokasi Se-Kecamatan Sukajaya

    Anang Herdiana selaku ketua Yayasan SBN ikut menambahkan, Adapun wilayah yang kami kunjungi di beberapa tempat meliputi 30 lokasi ekspedisi, yaitu : Cileuksa, Cisarua, Sarongge, Salak, Jamang, Harkat Jaya, Kiara Pandak, Kiarasari, Pasirmadang, Sipayung, Sukajaya, Sukamulih, Jayaraharja, Urug, Ciraos, Cibiuk, Lebak Sanab, Cibarani, Cibentang, Kompa, Ciputih, Salak, Pojok Tengah, Pojok Bolang, Cipatat Kolot, dan juga beberapa Huntara, yaitu : Huntara Nyomplong 1 dan 2, Huntara Cibarani, Huntara Cibeurit, Huntara Cipata

    Yusuf Cakhyono, selaku pimpinan LAZ NN juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang terlibat dalam Ekspedisi Qur’an ini. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dan juga bisa menjadikan inspirasi untuk para teman-teman yang menyukai tantangan dengan menyusuri medan cukup ekstrim tentunya dengan kegiatan yang positif seperti Ekspedisi Qur’an ini. Saya ucapkan Jazakumullah khairan katsira untuk para Donatur Laz Nahwa Nur yang sampai saat ini mempercayakan penyaluran zakat infaq dan sedekahnya di lembaga kami.   Tambah Yusuf.

6 Aug 2021

Anonim

"Semoga Berkah"

Rp 100.184

6 Jan 2021

Anonim
Rp 1.000.257

Name - City
Membeli Product Time